Perancangan Prototipe Antena Radar 2.4 GHz

Authors

  • Edi Mulyana Electrical Engineering Department of UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Azwar Mudzakkir Electrical Engineering Department of UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Febi Indriyanti Electrical Engineering Department of UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nurul Halimah Electrical Engineering Department of UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Ali Ramdhani Electrical Engineering Department of UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

RADAR, Prototipe, Antena, 2.4GHz, Sistem Embedded, Wifi

Abstract

Teknologi Radar digunakan dalam dunia penerbangan untuk mendeteksi keberadaan atau pergerakan suatu obyek menggunakan sistem Radio Detecting and Ranging (RADAR). Pemanfaatan suatu sistem radar untuk mendeteksi suatu obyek di sekitar lingkungan kita menjadi hal yang menarik untuk diteliti. Tetapi penggunaan frekuensi radar untuk diterapkan di lingkungan sekitar tidak boleh melanggar ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah melalui keputusan Menteri No.2 tahun 2005 tentang Wireless Internet di frekuensi 2.4GHz. Dalam makalah ini akan dijelaskan tentang pengembangan suatu prototipe antena radar untuk mendeteksi suatu obyek di lingkungan sekitar kita pada frekuensi 2.4 GHz. Frekuensi 2.4GHz dipilih karena pada frekuensi tersebut pemerintah memberikan kebebasan bagi masyarakat untuk memanfaatkannya selama tidak menggangu lingkungan sekitar. Proses pengembangan sistem radar mengggunakan pendekatan proses perancangan sistem embedded. Hasil proses simulasi antena radar menunjukan nilai Return Loss sebesar -17.86 dB pada Frekuensi 2.475 GHz dan hasil pengujian perangkat antena radar menunjukan bahwa antenna radar dapat mengirim dan mendeteksi sinyal wifi yang masuk dalam daerah cakupan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Christian Wolff, https://www.radartutorial.eu/01.basics/Radar%20Principle.en.html

Chapman and Hall/CRC, Radar Fundamentals, http://dsp-book.narod.ru/RSAD/C1828_PDF_C01.pdf, 2000.

Francois Le Chevalier, Radar without tears, https://arxiv.org/ftp/arxiv/papers/1707/1707.03357.pdf

Sri Arianti, Penggunaan Frekuensi 2.4 Ghz Dalam Keperluan Internet Wireless (Studi Kasus Yogyakarta), Buletin POS dan Telekomunikasi, Vol 9, No. 2 Juni 2011.

Ralph M. Ford, Chris S. Coulston, Design for Electrical and Computer Engineers, Theory Concepts, and Practice, McGraw-Hill International Edition, 2008.

Roger S. Pressman, Bruce R. Maxim, Software Engineering, A Practitioner’s Approach, 8th, McGraw-Hill International Edition, 2015.

Published

20-03-2020

How to Cite

[1]
E. Mulyana, A. Mudzakkir, F. Indriyanti, N. Halimah, and M. A. Ramdhani, “Perancangan Prototipe Antena Radar 2.4 GHz”, SENTER, pp. 584–591, Mar. 2020.

Viewed

Abstract 193 times
pdf (Bahasa Indonesia) 182 times

Most read articles by the same author(s)