Aplikasi Jaringan Komunikasi Master Slave pada Simulator Input-Output Berbasis Multi PLC-HMI

  • Sarjono Wahyu Jadmiko Program Studi D4 Teknik Otomasi Industri, Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bandung
  • Adnan Rafi Al Tahtawi Program Studi D4 Teknik Otomasi Industri, Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bandung
  • Aris Munandar Program Studi D4 Teknik Otomasi Industri, Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bandung
Keywords: Komunikasi multi PLC, Ethernet, Master Slave, HMI, PLC

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini sangatlah pesat terutama di bidang industri yang berkaitan dengan sistem kendali. Pada sebuah kontroler, satu kontroler mampu menangani satu plant tertentu namun belum tentu mampu menangani plant yang lain dikarenakan satu vendor memiliki kelebihan dan kekurangan. Semakin kompleks suatu plant dalam industri tentu harus mampu diatasi dengan kontroler yang handal. Plant yang kompleks mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi jika hanya mengandalkan satu vendor. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan konsep jaringan komunikasi master slave untuk pengendalian plant berbasis multi PLC-HMI. PLC yang digunakan dari beberapa vendor yakni Siemens S7-1200, Modicon TM221, dan Schneider Twido. Komunikasi multi PLC digunakan untuk mengendalikan simulator input-output berupa pengendalian ketinggian zat cair dan water filling. Penggunaan jenis jaringan komunikasi yang digunakan berbasis ethernet dimana masing-masing PLC akan terintegrasi secara master slave. Setelah dilakukan proses jaringan komunikasi multi PLC, selanjutnya diintegrasikan dengan software untuk HMI Wonderware Intouch. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah sebuah sistem komunikasi PLC dengan berbagai vendor untuk pengiriman data dengan error kurang dari 1%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Modbus Guide Library. http://www.modbus.org/MODBUS Application Protocol Specification V1.1.pdf [Diunduh pada tanggal 13 Maret 2019]

M. Ali, “Fungsi dan Cara Kerja DCS”, Modul kuliah sistem kendali terdistribusi, UNY.

R. Firmansyah. “Rancang Bangun Jaringan Komputer Dengan Kabel Listrik Sebagai Media Transmisi Untuk Komunikasi Data”.

M. Dwiyanto, K. M. Nitisasmita, “Prototipe sistem Otomasi Berbasis PLC dan SCADA Network Client Server dengan Multi Protokol Komunikasi”. Depok, PNJ, 2015.

A. Suyoto, P. M. Sakti, “Pengendalian dan pemantauan terjaring pada proses berbasis PLC”. Yogyakarta. UPN Veteran.

I. Handani, A. Rosyid. “Pengontrolan Kecepatan Motor Induksi Tiga Fasa Via Wireless Berbasis Scada Vijeo Citect”, Makasar. Politeknik Negeri Ujung Pandang, 2018.

G. Sandika, “Aplikasi Jaringan Komunikasi Master-Slave Pada Alat Pemanas Berbasis Multivendor PLC,” Bandung, Politeknik Negeri Bandung, 2017.

F. I. Gumilang, I. Rokhim, dan Y. Erdani, “Rancang Bangun Jaringan Komunikasi Multi PLC dengan Platform Sistem SCADA-DCS Terintegrasi,” Politeknik Manufaktur Negeri Bandung, 2015.

SoMachine Basic Generic Function Library Guide: System User Guide. SchneiderElectric. Available: https://www.Schneiderelectric.com/en/download/document/EIO0000001354/. [Diunduh tanggal 14 Juli 2019]
Published
2020-03-20
How to Cite
[1]
S. W. Jadmiko, A. R. Al Tahtawi, and A. Munandar, “Aplikasi Jaringan Komunikasi Master Slave pada Simulator Input-Output Berbasis Multi PLC-HMI”, SENTER, pp. 489-500, Mar. 2020.
Section
Articles
View Counter
Abstract viewed 6 times
pdf (Bahasa Indonesia) 3 times