Analisa Perbandingan Desain DC-DC Converter untuk Perbaikan Power Factor

Authors

  • Irham Fadlika Universitas Negeri Malang
  • Slamet Wibawanto Universitas Negeri Malang
  • M Ricko Gunawan Universitas Negeri Malang

Keywords:

DC-DC Converter, Buck Boost, PID, Power Factor, Pulse Width Modulation

Abstract

Penelitian ini memaparkan analisa perbandingan beberapa desain DC-DC Converter dengan beban resistif. Ada 3 jenis DC-DC Converter yang akan dibandingkan, setiap DC-DC Converter yang di bandingkan memiliki input dari sumber tegangan AC yang di searahkan oleh full bridge rectifier dengan induktor dan kapasitor filter. Kontrol PID menggunakan sensor tegangan untuk mengontrol tegangan keluaran, kontrol PID mengolah error dari sensor tegangan terhadap tegangan referensi, sehingga kontrol PID menghasilkan sinyal pulse width modulation sebagai keluaran, penelitian ini membandingkan susunan konfigurasi dan nilai komponen yang berbeda dari 3 jenis DC-DC Converter dengan rating tegangan keluaran, frekuensi pensaklaran, dan beban tetap sama. Rating tegangan keluaran,riak tegangan capacitor, riak arus induktor, dan frekuensi pensaklaran, dapat digunakan untuk perhitungan nilai komponen, dan nilai PID. Dari perbandingan 3 DC-DC Converter yang di bandingkan didapatkan power factor tinggi, nilai komponen rendah dan jumlah komponen sedikit pada konfigurasi Switched Capacitor Buck Boost Converter. Dari penelitian ini bisa disimpulkan Konfigurasi Switched Capacitor Buck Boost Converter memiliki rugi rugi daya yang rendah,biaya yang efektif dan sangat cocok dengan beban yang di tentukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mummadi Veerachry, dan Vasudha Khubchandani “Analysis, Design, and Control of Switching Capacitor based Buck-Boost Converter” IEEE Transactions on Industry Application, vol.55 no. 3 2019.

Neng Zhang, Guidong Zhang, Khay Wai See, dan Bo Zhang “Quadratick Buck-Boost Converter” IEEE Transactions on Power Electronic, vol. 33 no. 5 2018.

Vashist Bist, dan Bhim Singh “PFC CUK Converter fed BLDC Motor Drive” IEEE Transactions on Power Electronic, vol. 30 no. 2, 2015.

International Electrotechnical Commission(IEC) 61000-3-6.

Ned Mohan, Tore M. Underland, William P Robins “Converters, Applications and Design” University of Minnesota Minneapolis, Minnesota 1996.

Narendra Kumar, Ashish R. Kulkarni “Power Electronics Devices, Circuits, And Applications” Delhi Technological University 2014.

Published

20-03-2020

How to Cite

[1]
I. Fadlika, S. Wibawanto, and M. R. Gunawan, “Analisa Perbandingan Desain DC-DC Converter untuk Perbaikan Power Factor”, SENTER, pp. 315–324, Mar. 2020.

Viewed

Abstract 201 times
pdf (Bahasa Indonesia) 220 times