E-Aquaponics: Budidaya Ikan dan Tanaman Secara Terintegrasi Berbasis Internet of Things

Authors

  • Eka Pratiwi Politeknik Negeri Bandung
  • Fajri Habibie Suwanda Politeknik Negeri Bandung
  • Dandi Taufiqurrohman Politeknik Negeri Bandung
  • Sakinah Puspa Angraeni Politeknik Negeri Bandung
  • R.W Tri Hartono Politeknik Negeri Bandung
  • Ginanjar Suwasono Adi Politeknik Negeri Bandung

Keywords:

Industri 4.0, Internet of Things, e-Aquaponics, perikanan, pertanian, kendali dan pengawasan elektronik jarak jauh

Abstract

Industri 4.0 membuka tabir baru bagi perikanan dan pertanian di Indonesia. Kemudahan yang ditawarkan oleh konsep Internet of Things dan penerapannya memberikan kemudahan yang seharusnya dimanfaatkan oleh petani modern. e-Aquaponics sebagai inovasi cerdas yang mengoptimalkan sistem kendali dan kontrol elektronik jarak jauh sangat cocok dan mampu untuk mendukung industri pertanian dan perikanan modern sebagai wujud dari kontribusi industri 4.0 pada masyarakat. Digunakannya beberapa sensor node dan sink node menjadikan sistem dikontrol dengan baik sehingga ekosistem tanaman dan ikan berjalan sinergis. Diversifikasi produk dengan memanipulasi ekosistem pada e-Aquaponics mengkolaborasikan pertanian dan perikanan menjadi satu entitas sistem yang utuh dengan penghematan lahan dan biaya. Pemanfaatan wireless sensor network sebagai media penghubung antar node pada sensor dan aktuator memungkinkan penghematan instalasi dan penggunaan dalam skala besar. Smartphone sebagai antarmuka user dapat mengakses sistem e-Aquaponics dimanapun baik user maupun sistem eAquaponics berada membuat aktifitas dan waktu user tidak terganggu dan memungkinkan budidaya dilakukan di banyak tempat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. P. Anggraeni, "Sistem Kontrol Nirkabel Untuk E-Aquaponics: Monitoring Budidaya Ikan dan Tanaman Secara Terpadu dengan Routing Protocol Data Centric Based pada Wireless Sensor Network," Politeknik Negeri Bandung, Bandung, 2018.

F. H. Suwanda, "E-Aquaponics: Pengenalan Pola Ikan Menggunakan Metoda Rectangular Feature Haar Cascade dan Neural Network," Politeknik Negeri Bandung, Bandung, 2019.

F. H. Suwanda, "Inovasi E-pertanian: Integrasi Akuakultur Dan Hidroponik Untuk Menunjang Program Ketahanan Pangan Nasional," PKM Belmawa DIKTI, Bandung, 2017.

F. H. Suwanda, "Implementasikan Algoritma Canny Edge Detection untuk Identifikasi Panjang dan Berat Ikan Koi Saat Bergerak," SENTER, pp. 35-44, 2018.

Diver S. 2013.Aquaponics—Integration of Hydroponics with Aquaculture, NCAT Agriculture Specialists, ATTRA Sustainable agriculture, New York.p:46

Somerville C. et al, 2014, Small-scale aquaponic food production Integrated fish and plant farming. Food and agriculture organization of the united nations Rome. p:84,86 IBCSD, ―Visi Indonesia 2050 kontribusi sektor bisnis bagi Indonesia,‖ Penabulu Aliance Jakarta, p. 18, 2013.

A. H. Saptadi, ―Sistem Pemantauan Suhu dan Kelembapan Ruangan dengan Notifikasi Via Email,‖ Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call for Papers UNISBANK , vol. 2, 2016

S. Thio, ―Persepsi konsumen terhadap makanan organik di Indonesia,‖ Jurnal Manajemen Perhotelan, vol. 4 No. 1, pp. 25-26, 2008.

Published

20-03-2020

How to Cite

[1]
E. Pratiwi, F. H. Suwanda, D. Taufiqurrohman, S. P. Angraeni, R. T. Hartono, and G. S. Adi, “E-Aquaponics: Budidaya Ikan dan Tanaman Secara Terintegrasi Berbasis Internet of Things”, SENTER, pp. 186–195, Mar. 2020.

Viewed

Abstract 671 times
pdf (Bahasa Indonesia) 431 times